UPAYA MENINGKATKAN EMPATI DENGAN MENGGUNAKAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 10 KOTABUMI

M. NOVENDRA NURDIN , 1213052055 (2019) UPAYA MENINGKATKAN EMPATI DENGAN MENGGUNAKAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 10 KOTABUMI. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (130Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2147Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1964Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

This research issue was “could group guiding service improve students’ empathy.” The aim of the research was to identify the utilizing of group guidance service in increasing students empathy grade VIII public junior high school 10 kotabumi grade VIII. Method applied in this research was Quasi exsperimental with one group pretest-posttest design. The subjects were As many as 9 students. The data collecting technique used students’ empathy scale. The data was analyzed by Wilcoxon test. Based on gain score result which obtained Z value = - 2,275< Z tabel = 1,645, Z count lower than Z table so H0 was rejected and Ha was accepted. The conclusion was the utilizing group guidance could increase students’ social interaction grade VIII public junior high school 10 kotabumi grade VIII. Key words: group guidance, guidance counseling, students empathy. Permasalahan penelitian ini adalah “apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan empati pada siswa.” Tujuan penelitian untuk mengetahui penggunaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan empati pada siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kotabumi. Penelitian ini menggunakan metode Quasi exsperimental dengan desain one group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak 9 siswa yang memilikil empat rendah, Teknik pengumpulan data menggunakan skala empati. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan empati setelah diberikan layanan bimbingan kelompok, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data Pretes dan postes empati siswa dengan menggunakan uji Wilcoxon, berdasarkan gain score diperoleh Z hitung = -2,275 < Z tabel = 1,645 maka, H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan empati pada siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kotabumi. Kata kunci :bimbingan konseling, bimbingan kelompok, empati.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 100 Filsafat dan psikologi
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 19 Apr 2022 02:08
Terakhir diubah: 19 Apr 2022 02:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58956

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir