HUBUNGAN ANTARA STATUS EKONOMI KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 18 PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019

NANDA SEKAR ANGGITA, 1413052047 (2019) HUBUNGAN ANTARA STATUS EKONOMI KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 18 PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1784Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1695Kb) | Preview

Abstrak

Masalah penelitian ini adalah Hubungan Antara Status Ekonomi Keluarga dengan Motivasi Belajar Siswa. Tujuan penelitian ini untuk melihat apakah terdapat “Hubungan Antara Status Ekonomi Keluarga dengan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 18 Pesawaran Tahun Ajaran 2018/2019”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi penelitian 125 dan sampel sebanyak 62 siswa yang di ambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan skala motivasi belajar. Uji hipotesis menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara status ekonomi keluarga dengan motivasi belajar. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis korelasi diperoleh rtabel dengan N = 62 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,2500 bahwa rhitung 0,294>0,2500 rtabel. Berdasarkan hal tersebut berarti Ha diterima dan Ho ditolak hingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara status ekonomi keluarga dengan motivasi belajar pada siswa SMPN 18 Pesawaran Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata kunci: motivasi belajar, siswa, status ekonomi keluarga. The problem of this research is the relationship between family economic Status and learning motivation for students. The purpose of this research is to see if there is "the relationship between family economic Status with the motivation to study students in SMP Negeri 18 for academic year 2018/2019". This research is a quantitative descriptive study with a research population of 125 and samples as many as 62 students taken with simple random sampling techniques. Data collection techniques using documentation and learning motivation scales. Hypothesis test using product moment correlation technique. The results showed that there was a positive and significant relationship between the economic status of the family with the motivation of learning. This is evidenced from the results of the correlation analysis obtained rtable with N = 62 at a rate of significance of 5% by 0.2500 that Rcount 0,294 > 0,2500 rtable. Based on this means Ha accepted and Ho was rejected until it can be concluded that there is a positive and significant relationship between the economic status of the family with the motivation to study in the students of SMPN 18 Commissioner year 2018/2019. Keywords: family economic status, motivation for learning, students,.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 100 Filsafat dan psikologi
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 19 Apr 2022 01:42
Terakhir diubah: 19 Apr 2022 01:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58965

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir