PENGARUH LKPD ELEKTRONIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sukoharjo Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022)

DIAH SILFIANI, 1713021019 (2022) PENGARUH LKPD ELEKTRONIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sukoharjo Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img] FIle PDF
FILE SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
FILE SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh LKPD elektronik berbasis problem based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sukaharjo semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 5 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan pengundian dan terpilih kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control group design. Pengambilan data menggunakan instrumen tes kemampuan pemahaman konsep matematis berbentuk uraian berjumlah 10 soal. Setelah dilakukan analisis data tes diperoleh bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang proses pembelajarannya menggunakan LKPD elektronik berbasis problem based learning sebesar 79,67 dan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang proses pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 73,90 atau dapat dilihat dari hasil uji t yang diperoleh hasil bahwa t_hitung=7,12> t_tabel=1,67. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan LKPD elektronik berbasis problem based learning lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa LKPD elektronik berbasis problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: LKPD elektronik, pemahaman konsep matematis, pengaruh, problem based learning.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2203239693 . Digilib
Date Deposited: 08 Apr 2022 08:34
Terakhir diubah: 08 Apr 2022 08:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59003

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir