EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENDINGINAN MINUMAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

DESITA HARYANTI, 1513023036 (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENDINGINAN MINUMAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3229Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran berbasis masalah pendinginan minuman dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi termodinamika kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain the matching-only pretestposttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIA SMA Negeri 2 Bandar lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII MIA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa n-gain rata-rata di kelas eksperimen berkategori tinggi, serta nilai rata-rata postes keterampilan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen (84,7) lebih besar dari pada nilai rata-rata postes siswa dikelas kontrol (76,6). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa iii pembelajaran berbasis masalah pendinginan minuman efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci : keterampilan berpikir kritis, pembelajaran berbasis masalah, pendinginan minuman.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 14 Apr 2022 07:29
Terakhir diubah: 14 Apr 2022 07:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59074

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir