PENGEMBANGAN MODUL MATERI PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI (BERBASIS CONTOH DAN TERAPAN) KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDARLAMPUNG TAHUN 2019

Diah Mustika Sari, 1513034068 (2019) PENGEMBANGAN MODUL MATERI PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI (BERBASIS CONTOH DAN TERAPAN) KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDARLAMPUNG TAHUN 2019. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2917Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2743Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

The problem in this research is the absence of a module for geography learning at SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. The purpose of this research is (1) knowing the development of basic geography knowledge modules as teaching material, (2) produce basic geography knowledge modules as teaching material, (3)knowing the effectiveness of basic geography knowledge modules as teaching at class social 2 SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. This research used stages and developments from Borg & Gall model to arrange modules. Validation test by the material expert, design expert, Indonesian language expert, test for small, and wider groups were conducted to determine teaching material properness. Data were analyzed by using presented descriptive statistics. The results of research and development indicate the assessment of material experts, design experts, linguists that the resulting development module is suitable for use in learning. In the small group trials, the module feasibility assessment is very feasible, while the large group trials for the attractiveness of the modules fall into the attractive category and the ease of use of the modules falls into the easy category. Module effectiveness is obtained from post-test scores where the use of modules in learning is categorized as effective Keywords: Development of Module, Geography Knowledge Basic, and Borg & Gall Model Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah belum adanya modul untuk pembelajaran geografi di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui pengembangan modul materi pengetahuan dasar geografi sebagai bahan ajar, (2) menghasilkan modul materi pengetahuan dasar geografi sebagai bahan ajar, (3) mengetahui tingkat keefektifan modul materi pengetahuan dasar geografi sebagai bahan ajar di kelas X IPS 2 SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Metode penelitian ini menggunakan tahapan dalam peneltian dan pengembangan modul Borg & Gall untuk menyususn modul geografi. Dalam menentukan kelayakan modul dilakukan uji validasi olehh ahli materi, ahli desain, ahli bahasa, uji kelompok kecil, dan uji kelompok besar. Analisa data yang digunakan yaitu statistic deskriptif yang dipersentasekan. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan penilaian dari ahli materi, ahli desain, ahli bahasa bahwa modul hasil pengembangan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Pada uji coba kelompok kecil penilain kelayakan modul ialah sangat layak, sedangkan uji coba kelompok besar untuk kemenarikan modul masuk dalam kategori menarik dan kemudahan penggunaan modul masuk dalam kategori mudah. Keefektifan modul didapat dari nilai post tes dimana penggunaan modul dalam pembelajaran dikategorikan efektif Kata Kunci: Pengembangan Modul, Pengetahuan Dasar Geografi, dan Model Borg & Gall

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 14 Apr 2022 07:28
Terakhir diubah: 14 Apr 2022 07:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59080

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir