PENGARUH Trichoderma sp. ISOLAT MARGODADI DAN METABOLIT SEKUNDERNYA TERHADAP Phytophthora capsici PENYEBAB PENYAKIT BUSUK PANGKAL BATANG LADA

NUR BAITULLAH JUNIAR, 1754121001 (2022) PENGARUH Trichoderma sp. ISOLAT MARGODADI DAN METABOLIT SEKUNDERNYA TERHADAP Phytophthora capsici PENYEBAB PENYAKIT BUSUK PANGKAL BATANG LADA. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1377Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1192Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Phytophthora capsici merupakan patogen tular tanah penyebab penyakit busuk pangkal batang pada tanaman lada. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui identifikasi jamur Trichoderma sp. isolat Margodadi hingga tingkat spesies, (2) mengetahui pengaruh Trichoderma sp. isolat Margodadi terhadap pertumbuhan jamur Phytophthora capsici, (3) mengetahui konsentrasi metabolit sekunder Trichoderma sp. isolat Margodadi yang tepat dalam menghambat pertumbuhan jamur Phytophthora capsici dan (4) mengetahui pengaruh metabolit sekunder Trichoderma sp. isolat Margodadi dalam menekan gejala penyakit yang disebabkan oleh jamur Phytophthora capsici di daun lada. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Ilmu Penyakit Tumbuhan Jurusan Proteksi Tanaman dan Laboratorium Bioteknologi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung dari bulan Maret 2021 sampai dengan November 2021. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari lima perlakuan yaitu konsentrasi 10%, 20%, 30%, 40%, dan kontrol dengan lima ulangan sehingga terdapat 25 satuan percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Trichoderma sp. isolat Margodadi memiliki kekerabatan yang dekat dengan T. asperellum. Pada uji antagonis Trichoderma sp. mampu menghambat pertumbuhan P. capsici hingga 47,23%. Uji metabolit sekunder Trichoderma sp. mampu menghambat pertumbuhan P. capsici sebesar 72,53% pada perlakuan konsentrasi 40%. Uji efikasi metabolit sekunder tidak memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap penghambatan perkembangan gejala P. capsici di daun lada. Kata kunci: Metabolit sekunder, Phytophthora capsici, Trichoderma sp. isolat Margodadi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 2203733846 . Digilib
Date Deposited: 11 Apr 2022 03:17
Terakhir diubah: 11 Apr 2022 03:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59090

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir