PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS ISU SOSIOSAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

BELLA NUR FARIDA, 1513023027 (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS ISU SOSIOSAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1864Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1874Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA (Matematika dan Ilmu Alam) SMA N 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019 yang tersebar dalam lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dan diperoleh kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan pembelajaran isu sosiosaintifik. Pengaruh penggunaan isu sosiosaintifik dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dan uji effect size terhadap keterampilan proses sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Indikator keterampilan proses sains siswa yang paling mudah ditingkatkan yaitu indikator mengelompokkan dan indikator yang sulit untuk ditingkatkan yaitu indikator menyimpulkan. Ukuran pengaruh pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik berkategori “besar”. Kesimpulannya, pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik berpengaruh besar dan positif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata kunci: keterampilan proses sains, isu sosiosaintifik, effect size, larutan elektrolit dan non elektrolit.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 14 Apr 2022 07:59
Terakhir diubah: 14 Apr 2022 07:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59096

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir