PENGARUH LKS BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

EKA NOVITA SARI, 1513023015 (2019) PENGARUH LKS BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2617Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHSAN.pdf

Download (2618Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh LKS berbasis problem solving untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. LKS ini terdiri dari 5 fase yaitu orientasi masalah, mencari informasi, merumuskan hipotesis, mengajukan hipotesis dan menyimpulkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain Non Eqivalence Pretes-Postes Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA 13 Bandar Lamapung tahun ajaran 2018-2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, dengan kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3 sebagai sampel. Pengaruh LKS dilihat dari perbedaan rata-rata nilai n-gain yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang diperoleh diuji dengan analisis rata-rata nilai n-gain, uji normalitas, uji homogenitas, Independent Sample T Test (t’), uji Paired Sample T Test dan effect size. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis pada kedua kelas sampel dan pengaruh LKS berbasis problem solving untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa LKS berbasis problem solving memiliki pengaruh untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata kunci: LKS berbasis problem solving, keterampilan berpikir kritis, larutan elektrolit dan non elektrolit

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 18 Apr 2022 07:15
Terakhir diubah: 18 Apr 2022 07:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59106

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir