Muhammad Rifath Akbar , 1518011138 (2019) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEER-ASSISTED LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG: SEBUAH STUDI KUALITATIF. Fakultas Kedokteran , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak (Abstract).pdf Download (204Kb) | Preview |
|
File PDF
Skripsi Full.pdf Restricted to Hanya staf Download (2461Kb) |
||
|
File PDF
Skripsi Tanpa Bab Pembahasan.pdf Download (2339Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Latar belakang : Peer assisted learning (PAL) merupakan salah satu metode pembelajaran yang digunakan di Fakultas kedokteran Universitas Lampung. PAL merupakan pembelajaran yang dilakukan oleh sesama mahasiswa dan bukan merupakan pelaku profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secara mendalam persepsi mahasiswa terhadap peer-assisted learning dalam proses pembelajaran di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan utama dalam penelitian ini adalah mahasiswa dari angkatan 2016 dan 2015 yang berjumlah 24 orang yang merupakan peer tutor, peer tutees, pria dan wanita. Pengambilan data utama melalui diskusi kelompok terfokus, sedangkan sebagai triangulasi data peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam dengan dosen penyelenggara PAL dan observasi pada kegiatan PAL. Hasil Penelitian : Terdapat berbagai persepsi mahasiswa mengenai definisi, manfaat, serta faktor yang mempengaruhi PAL yaitu mencakup faktor yang mendukung seperti komunikasi yang baik dari peer tutor dan materi yang diberikan oleh peer tutor sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran. Faktor yang menghambat proses pelaksanaan PAL antara lain kesiapan pelaksanaan, kesiapan peer tutor, dan kesiapan peer tutees. Selain itu, juga terdapat persepsi mahasiswa terkait harapan untuk pelaksanaan PAL yaitu penerapan PAL dalam CSL, pemanfaatan teknologi, dan evaluasi dalam pelaksanaannya. Kesimpulan : Persepsi mahasiswa mengenai PAL di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung yaitu peer tutor dan peer tutees satu sama lain saling mempengaruhi dalam pelaksanaannya. Kata kunci : peer assisted learning, peer tutor, peer tutees, persepsi Background : Peer-assisted learning (PAL) is one of the teaching methods used in the medical faculty of the Lampung University. PAL is learning undertaken by fellow students, and it does not involve professional lecturer in the process. This study aims to describe in depth the students' perceptions of peer-assisted learning in the learning process at the Faculty of Medicine, Lampung University Research methods : This study used a qualitative research design with a phenomenological approach. Main informants in this study were students of the class of 2016 and 2015, consisting of 24 people who were peer tutors, peer tutees, both men and women. The main data were retrieved through focus group discussions, while a triangulation of data researchers used in-depth interviews with organizers lecturers of PAL, and PAL activity observations.. Research result : There were many perceptions of students regarding definition, benefits, and factors that affected PAL which included supporting factors, such as good communication of peer tutors and materials, provided by peer tutors, which corresponded to the purpose of learning. Factors which could interfere the implementation of PAL included realization, peer tutor, and peer tutees readiness, There was also students perception regarding hope for the realization of PAL, for examples, assembling PAL in CSL, usage of technology, and evaluation in the implementation. Conclusion: Perception of students on PAL at Faculty of Medicine Lampung University showed that both peer tutor and peer tutees influence one another in the implementation. Keywords : peer assisted learning, peer tutor, peer tutees, perception
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan |
Program Studi: | Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 08:00 |
Terakhir diubah: | 14 Apr 2022 08:00 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59108 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |