EFEKTIVITAS MODEL POGIL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

SUSANA, 1513023019 (2019) EFEKTIVITAS MODEL POGIL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3376Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3376Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektivan model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi kesetimbangan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 5 Bandar Lampung semester ganjil tahun 2018/2019, sedangkan sampel penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Metode dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Pada kelas eksperimen menggunakan pembelajaran dengan model POGIL dan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah serta praktikum. iii Hasil penelitian menunjukkan perbedaan rata-rata skor n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol setelah diuji menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil tersebut ditunjang dengan rata-rata persentase aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen lebih terlatih, serta model POGIL yang dilakukan oleh guru di kelas eksperimen telah terlaksana dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model POGIL efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi kesetimbangan kimia. Kata kunci: Efektivitas model POGIL, kesetimbangan kimia, keterampilan berpikir kritis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 18 Apr 2022 07:18
Terakhir diubah: 18 Apr 2022 07:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59115

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir