AQMARANI ADZANI FITRIANA, 1513023014 (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN POGIL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI GARAM MENGHIDROLISIS. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2126Kb) |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1572Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran POGIL untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi garam menghidrolisis. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan n-gain kemampuan pemecahan masalah kelas eks- perimen sebesar 0,710 berkriteria tinggi dan di kelas kontrol yaitu 0,469 berkriteria sedang. Hal tersebut menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata n-gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut, iii disimpulkan bahwa model pembelajaran POGIL efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi garam menghidrolisis. Kata kunci: pembelajaran POGIL, kemampuan pemecahan masalah, garam menghidrolisis.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 07:19 |
Terakhir diubah: | 18 Apr 2022 07:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59118 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |