AQMARANI ADZANI FITRIANA, 1513023014 (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN POGIL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI GARAM MENGHIDROLISIS. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
![]() |
FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2126Kb) |
|
|
FIle PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1572Kb) | Preview |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran POGIL untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi garam menghidrolisis. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan n-gain kemampuan pemecahan masalah kelas eks- perimen sebesar 0,710 berkriteria tinggi dan di kelas kontrol yaitu 0,469 berkriteria sedang. Hal tersebut menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata n-gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut, iii disimpulkan bahwa model pembelajaran POGIL efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi garam menghidrolisis. Kata kunci: pembelajaran POGIL, kemampuan pemecahan masalah, garam menghidrolisis.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 07:19 |
Terakhir diubah: | 18 Apr 2022 07:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59118 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |