PREFERENSI JENIS-JENIS BURUNG TERHADAP TIPE HABITAT DI PUSAT LATIHAN GAJAH TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS DAN INTERAKSINYA DENGAN GAJAH SUMATERA (Elephas maximus sumatranus)

RAMADHANI, 1754151008 (2022) PREFERENSI JENIS-JENIS BURUNG TERHADAP TIPE HABITAT DI PUSAT LATIHAN GAJAH TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS DAN INTERAKSINYA DENGAN GAJAH SUMATERA (Elephas maximus sumatranus). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] FIle PDF
FILE TUGAS SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
FILE TUGAS SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak

Burung merupakan bagian dari keanekaragaman hayati yang berperan penting dalam kehidupan di habitat alaminya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi jenis burung terhadap tipe habitat yang ada di PLG TNWK dan juga bentuk interaksinya dengan gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus). Alat yang digunakan dalam penelitian ini antara lain tally sheet, GPS, kamera, binokuler, stopwatch, dan buku panduan lapang identifikasi jenis burung, sedangkan bahan yang digunakan adalah jenis burung yang ada di lokasi pengamatan. Pengambilan data di lapangan menggunakan metode point count dan ad libitum sampling. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa terdapat 38 jenis burung yang berasal dari 24 famili ditemukan di PLG TNWK. Burung yang memiliki preferensi di tipe habitat rawa berjumlah sembilan jenis saat pagi dan berjumlah delapan jenis saat sore, sedangkan burung yang memiliki preferensi di tipe habitat savana berjumlah 29 jenis di pagi dan berjumlah 30 jenis saat sore. Bentuk interaksi antara burung dengan gajah adalah komensalisme. Burung yang berinteraksi dengan gajah sumatera yaitu blekok sawah (Ardeola speciosa) dan kuntul kerbau (Bubulcus ibis) yang berasal dari satu famili Ardeidae. Perlunya dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai potensi wisata birdwatching di lokasi PLG Taman Nasional Way Kambas dengan mempertimbangkan titik pengamatan yang banyak dijumpai burung. Birds are part of the biodiversity that plays an important role in life in their natural habitat. This study aims to determine the preferences of bird species on the habitat types in PLG TNWK and also the form of their interaction with the Sumatran elephant (Elephas maximus sumatranus). The tools used in this study include tally sheets, GPS, cameras, binoculars, stopwatches, and guidebooks to identify bird species, while the materials used are bird species at the observation site. The collecting data in the field using point count and ad libitum sampling methods. The results showed that 38 species of birds from 24 families were found in PLG TNWK. Birds that have a preference in the swamp habitat type open nine species in the morning and open eight species when sick, while birds that have a preference in the savanna habitat type open 29 species in the morning and open 30 species when sick. The form of interaction between birds and elephants is commensalism. Birds that interact with Sumatran elephants are the rice field blekok (Ardeola speciosa) and the buffalo egret (Bubulcus ibis) from the same family Ardeidae. Further research is needed on the potential for birdwatching tourism at the Way Kambas National Park PLG location by considering the observation points of many birds.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 502 Aneka ragam tentang ilmu pengetahuan alam
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Kehutanan
Pengguna Deposit: 2203545568 . Digilib
Date Deposited: 11 Apr 2022 07:17
Terakhir diubah: 11 Apr 2022 07:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59144

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir