EFEKTIVITAS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP KESETIMBANGAN KIMIA

ZELDA AMINI, 1513023006 (2019) EFEKTIVITAS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP KESETIMBANGAN KIMIA. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (1052Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1459Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1455Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas discovery learning untuk meningkatkan kemampuan inferensi dan penguasaan konsep kesetimbangan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa kelas XI MIA SMA Negeri 15 Bandar Lampung semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 dengan kelas XI MIA 2 dan XI MIA 3 sebagai sampel. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pretest-postest control grup design. Efektivitas ini diukur berdasarkan perbedaan rata-rata nilai n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata nilai n-Gain kemampuan inferensi dan penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen masing-masing 0,46 dan 0,68. Berdasarkan uji perbedaan dua rata- rata yang dilakukan, disimpulkan bahwa rata-rata nilai n-Gain kemampuan inferensi dan penguasaan konsep materi kesetimbangan kimia yang diterapkan model pembelajaran discovery learning lebih tinggi daripada rata-rata nilai n-Gain kemampuan inferensi dan penguasaan konsep dengan pembelajaran konvensional. Ukuran pengaruh dihitung dengan menggunakan uji effect size. Hasilnya yaitu iii pembelajaran menggunakan discovery learning memilki ukuran pengaruh yang besar. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model discovery learning pada materi kesetimbangan kimia efektif meningkatkan kemampuan inferensi dan penguasaan konsep. Kata kunci: discovery learning, kemampuan inferensi, kesetimbangan kimia, dan penguasaan konsep.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 18 Apr 2022 06:14
Terakhir diubah: 18 Apr 2022 06:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59145

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir