PENGARUH PENERAPAN INSTRUMEN TES URAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

DANTI AYU WARDANI, 1513053184 (2019) PENGARUH PENERAPAN INSTRUMEN TES URAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3228Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2517Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah penerapan instrumen tes uraian yang belum mengacu pada indikator kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran matematika masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan instrumen tes uraian kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen (pre-eksperimental) dengan desain one group pre-test-post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 1 Way Dadi, dengan teknik sampling purposive berdasarkan nilai pembelajaran matematika terendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan instrumen tes uraian kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Kata kunci: hasil belajar, instrumen tes uraian, kemampuan berpikir kritis The problem in this research is the effect of the implementation essay test that has not been pointed to the indicator of critical thinking ability on students’ mathematics learning outcomes that is still low. This research of the purpose to find out the effect of the implementation of critical thinking essay test instrument to students’ mathematics learning outcomes. The method of this research is experiment (pre-experimental) with one group pre-test-post-test design. The population of this research is all students of five grades in SD Negeri 1 Way Dadi with sampling purposive technique based on the lowest mathematics score. The technique of collecting the data is done by taking test and also documentation. The technique of data analysis is by using simple linear regression test. The result of this study shows that there is an impact of the implementation of critical thinking essay test instrument to students’ mathematics learning outcomes. Keywords: critical thinking ability, essay test instrument, learning outcomes

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 18 Apr 2022 06:21
Terakhir diubah: 18 Apr 2022 06:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59158

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir