EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENCEMARAN OLEH LIMBAH CAIR TAHU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA

FITA MUFTIHANA, 1513023009 (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENCEMARAN OLEH LIMBAH CAIR TAHU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2330Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2332Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis masalah pencemaran limbah cair tahu dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain The Matching-Only Pretest-Postestt Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMAYP Unila Bandarlampung tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 243 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel penelitian kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol dan XI MIA 8 sebagai kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen diterapkan pembelajaran berbasis masalah, dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa n-gain rata-rata di kelas eksperimen berkategori sedang, serta nilai rata-rata postes di kelas eksperimen (71,30) lebih besar daripada nilai rata-rata postes di kelas kontrol (54,67). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah Fita Muftihana iii pencemaran limbah cair tahu efektif dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, pencemaran limbah cair tahu, keterampilan berkomunikasi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:59
Terakhir diubah: 14 Apr 2022 02:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59168

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir