EFEKTIVITAS MEDIA E-BOOK UNTUKMENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI TITRASI ASAM BASA

ADITIO DANARDONO , 1513023024 (2019) EFEKTIVITAS MEDIA E-BOOK UNTUKMENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI TITRASI ASAM BASA. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img] File PDF
2. Skripsi Full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (892Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. Skripsi Tanpa Bab Pembahasan.pdf

Download (780Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran menggunakan media e-book untuk meningkatkan keterampilan metakognisi dan penguasaan konsep siswa.Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol, sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Pada penelitian ini digunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest posttest control group design.Dalam meningkatkan keterampilan metakognisi dan penguasaan konsep siswa dilihat dari perbedaan rata-rata n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai n-Gainpada keterampilan metakognisi dan penguasaan konsep siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai n-Gain di kelas kontrol.Berdasarkan hasil uji Aditio Danardono iii perbedaan dua rata-rata, rata-ratan-Gainmetakognisi dan penguasaan konsep siswa yang menggunakan mediae-book lebih tinggi dibandingkandengan rataratan-Gainmetakognisi dan penguasaan konsep siswa yang tidak menggunakan media e-book.Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media e-book lebih efektif dibandingkan pembelajaran tanpa menggunakan media e-book.Ukuran pengaruh dihitung menggunakan effect size.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan metakognisi dan penguasaan konsep siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol.Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwapembelajaran menggunakan media e-book berpengaruh besar dalam meningkatan keterampilan metakognisi dan penguasaan konsep siswa. Kata kunci: e-book, metakognisi, penguasaan konsep, titrasi asam basa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 14 Apr 2022 03:01
Terakhir diubah: 14 Apr 2022 03:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59177

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir