PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS ISU SOSIOSAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MODEL MENTAL SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT

FITRI ALFIONITA, 1513023022 (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS ISU SOSIOSAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MODEL MENTAL SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. Abstrak.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
2. Skripsi Full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1088Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. Skripsi Tanpa Bab Pembahasan.pdf

Download (1090Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilakukan di SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik dalam meningkatkan kemampuan model mental siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Metode penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan pretest-postest control group design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X IPA. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling sehingga diperoleh kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 6 sebagai kelas kontrol. Pengaruh pembelajaran isu sosiosaintifik dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata n-Gain dan uji effect size terhadap kemampuan model mental siswa dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis isu sosiosaintfik memiliki pengaruh yang besar dalam meningkatkan kemampuan model mental siswa. Berdasarkan pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik memiliki pengaruh yang besar dalam meningkatkan model iii mental siswa terutama pada indikator membuat gambar struktur dan penulisan persamaan reaksi. Kata kunci: isu sosiosaintifik, kemampuan model mental, larutan elektrolit dan non-elektrolit

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 14 Apr 2022 03:12
Terakhir diubah: 14 Apr 2022 03:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59188

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir