PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMA 7 SUBTEMA 1 PESERTA DIDIK KELAS IV

Erlina Oktavia, 1513053090 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMA 7 SUBTEMA 1 PESERTA DIDIK KELAS IV. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1898Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1764Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah peserta didik kesulitan memahami bacaan dan kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas IV. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalen control group design. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Hasil analisis menggunakan uji ᴢhitung, terdapat pengaruh penggunaan model Cooperative Integrated Reading And Composition terhadap aktivitas belajar peserta didik dengan ᴢhitung 2,3578 > ᴢtabel 0,1950 dengan peningkatan nilai rata- rata aktivitas belajar kelas eksperimen sebesar 45,9. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,52 dan kelas kontrol sebesar 0,39 dengan perbandingan sebesar 0,13. Perhitungan uji hipotesis menggunakan uji t-test terdapat pengaruh penggunaan model Cooperative Integrated Reading And Composition terhadap hasil belajar peserta didik dengan thitung 2,85 > ttabel 2,00 (dengan α = 0,05). Kata kunci: aktivitas, cooperative integrated reading and composition, hasil belajar. The problem of this study is that students have difficulty understanding reading and less actively participate in the learning process. This study aims to determine the effect of using the Cooperative Integrated Reading and composition learning model on activities and learning outcomes of fourth grade students.. This type of research is a quasi-experimental research design with nonequivalent control group design. The instruments used are tests and non-tests. The analysis technique the effect of the Cooperative Integrated Reading And Composition model on the learning activities of students using the ᴢcount test shows that zcount 2.3578>ztable 0.1950 with an increase in the average value of experimental class learning activities of 41.9. The results showed an increase in the N-Gain value of the experimental class by 0.52 and the control class by 0.39 with a ratio of 0.13. Hypothesis testing the effect of the Cooperative Integrated Reading And Composition model on student learning outcomes using t-test shows that tcount 2.85> ttable 2.00 (with α = 0.05). Keywords: activity, cooperative integrated reading and composition, results learn.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 14 Apr 2022 04:38
Terakhir diubah: 14 Apr 2022 04:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59215

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir