PENGARUH PENGGUNAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS V SD NEGERI

APRILYA SULISTIYA NINGRUM, 1513053139 (2019) PENGARUH PENGGUNAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS V SD NEGERI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3780Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2970Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan penerapan model pembelajaran koopertatif tipe STAD terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Rajabasa. Metode penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya yang sebanyak 60 orang peserta didik dan teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah purposive sample. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non-tes, analisis data menggunakan uji t dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian diperoleh terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya dan terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya dengan menerapkan model pembelajaran koopertatif tipe STAD. Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran kooperatif, STAD. The problem in this study is the low thematic learning outcomes. The purpose of this study was to determine the effect and differences in the application of the STAD type cooperative learning model to the learning outcomes of fifth grade students at SD Negeri 1 Rajabasa. The research method used was nonequivalent control group design. The sample in this study were all students of class V of SD Negeri 1 Rajabasa Raya, as many as 60 students and the sample collection technique used was purposive sample. Data collection techniques using test and non-test instruments, data analysis using t test and simple linear regression. The results obtained showed that there was an effect of the application of the STAD type cooperative learning model to the learning outcomes of grade V students of SD Negeri 1 Rajabasa Raya and there were differences in learning outcomes of grade V students of SD Negeri 1 Rajabasa Raya by applying the STAD type cooperative learning model Keywords: learning models, learning outcomes, STAD.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 14 Apr 2022 04:38
Terakhir diubah: 14 Apr 2022 04:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59216

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir