PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 2 RAMAN AJI

APRISKA MARSHAL, 1513053025 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 2 RAMAN AJI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (117Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2569Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1951Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik pesera didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar tematik. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Metode penelitian adalah quasi experimental design. Desain penelitian adalah non-equivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 82 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 73,06. Persentase ketuntasan kelas eksperimen 90% lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 77,8%. Perhitungan uji hipotesis menggunakan rumus t-test sampel diperoleh data t hitung > ttabel atau 2,82 > 2,021 (dengan α = 0,05), artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Raman Aji. Kata kunci: hasil belajar tematik , numbered head together. Apriska Marshal The problem in this research was low on thematic learning results students. The purpose is to analyze and to find out the positive and significant effect on cooperative learning type NHT models on thematic learning results. The type of this research is experimental research. The research method is quasi experimental design. The research design is non-equivalent control group design. The results showed that the average posttest of the experimental class was 82 higher than the control class 73,06. The completeness percentage of the experimental class posttest was 90% higher than the control class which was 77,8%. Calculation of hypothesis was done by sample t-test formula obtained tcount > ttabel or 2,82 > 2,021 (with α = 0,05), meaning that there is a positive and significant effect on the application of cooperative learning models type numbered head together on thematic learning results students class IV SD Negeri 2 Raman Aji. Keywords: numbered head together, thematic learning results.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 14 Apr 2022 04:39
Terakhir diubah: 14 Apr 2022 04:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59222

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir