KESALAHAN PELAFALAN BUNYI VOKAL DAN SEMI-VOKAL BAHASA PRANCIS DI KELAS XI SMA N 9 BANDAR LAMPUNG

Abed Abdullah Mohammed Saleh Rageh, 1513044034 (2019) KESALAHAN PELAFALAN BUNYI VOKAL DAN SEMI-VOKAL BAHASA PRANCIS DI KELAS XI SMA N 9 BANDAR LAMPUNG. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (321Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3775Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3758Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan pelafalan bunyi vokal dan semi-vokal bahasa Prancis di kelas Xi SMAN 9 Bandarlampung. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi factor-faktor penyebab kesalahan pelafalan bunyi vokal dan semi-vokal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SMAN 9 Bandarlampung dengan sampel penelitian diambil 10 orang siswa dari dua kelas. Objek dalam penelitian ini adalah kesalahan pelafalan bunyi vokal dan semi-vokal bahasa Prancis yang dilakukan oleh siswa. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes pelafalan kosakata yang berbunyi vokal dan semi-vokal. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik rekam dan wawancara pada guru pengajar di sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan yang paling dominan dilakukan oleh siswa pada vokal oral terdapat pada bunyi [y] dengan jumlah persentase 100%, dan bunyi [ø] dengan jumlah persentase 98%, dan bunyi [œ] dengan jumlah persentase 94%. Kesalahan vokal nasal meliputi bunyi [ ] dengan jumlah persentase 86. Hal yang sama pada bunyi [œ ] dengan jumlah persentase 88% , dan bunyi [ ] dengan jumlah persentase 80%. Sedangkan pada semi- vokal, kesalahan terdapat pada bunyi [j] dengan jumlah persentase 98%. Penyebab kesalahan pelafalan ini yaitu faktor interlingual, intralingual, dan sistem pembelajaran. Kata kunci: kesalahan pelafalan, bunyi vokal, bunyi semi vokal, faktor penyebab kesalahan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 18 Apr 2022 03:20
Terakhir diubah: 18 Apr 2022 03:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59225

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir