PENGARUH JENIS MEDIA TANAM HIDROPONIK AGREGAT DAN ELECTRICAL CONDUCTIVITY (EC) LARUTAN NUTRISI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI MELON (Cucumis melo L.)

IRVAN ARIESSANDY, 1714071039 (2022) PENGARUH JENIS MEDIA TANAM HIDROPONIK AGREGAT DAN ELECTRICAL CONDUCTIVITY (EC) LARUTAN NUTRISI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI MELON (Cucumis melo L.). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1339Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1221Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Budidaya melon yang dilakukan di dalam greenhouse umumnya mengunakan sistem hidroponik, salah satunya adalah hidroponik substrat. Budidaya melon didalamgreenhouse,substrat dan nilaiElectrical Conductivity (EC)yang digunakan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman.Berdasarkan hal tersebut maka perlu dilakuakan penelitian untuk mengetahui media tanam dan nilai EC terbaik untuk budidaya melon secara hidroponik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui pengaruh jenis media tanam hidroponik agregat dan EC larutan nutrisi terhadap pertumbuhan dan produksi melon (Cucumis meloL.). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap Faktorial (RALF) yang terdiri dari 2faktor yaitu faktor jenis media tanam (cocopeatdan arang sekam) dan nilai EC ( 1, 2, 3, 4, 5) mS/cm, masing-masing dilakukan ulangan sebanyak 3 kali sehingga diperoleh 30 unit percobaan. Hasil penelitian menunjukan bahwacocopeatmerupakan media tanam yang memberikan respon terbaik terhadap parameter bobot buah dan tingkat kemanisan dengan rata-rata hasil bobot buah sebesar 2,46 kg, selain itu penggunaan EC 2 mS/cm dan EC 3 mS/cm memberikan respon terbaik terhadap parameter bobot buah dan tingkat kemanisandengan rata-rata hasil bobot buah sebesar 2,04 kg dan 2,05 kg. Berdasarkan hasil tersebut maka penggunaan EC 2 ms/cm dipilih sebagai perlakuan terbaik, dikarenakan memeberikan hasil yang maksimal dengan mengeluarkan sumberdaya lebih sedikit jika dibandingkan EC 3 mS/cm. Keywords:Arang sekam,Cocopeat,Electrical Conductivity,Hidroponik,Melon

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 580 Tumbuh-tumbuhan, tanaman, botani, flora
600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Teknik Pertanian
Pengguna Deposit: 2203800915 . Digilib
Date Deposited: 12 Apr 2022 03:24
Terakhir diubah: 12 Apr 2022 03:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59251

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir