PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUKADANA LAMPUNG TIMUR TAHUN AJARAN 2018/2019

NOVITA SUPARMI, 1513033010 (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUKADANA LAMPUNG TIMUR TAHUN AJARAN 2018/2019. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2988Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1504Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan di SMP Negeri 2 Sukadana, dapat diketahui bahwa kemampuan kognitif siswa masih tergolong rendah dikarenakan selama ini proses pembelajaran IPS yang dilakukan di SMP Negeri 2 Sukadana hanya berpusat kepada guru, sehingga siswa mudah lupa dengan materi yang sudah diajarkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka peneliti menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB). SPPKB merupakan suatu strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan gagasan-gagasan dan ide-ide melalui kemampuan berbahasa secara verbal, yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir terhadap kemampuan kognitif siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Negeri 2 Sukadana Lampung Timur Tahun Ajaran 2018/2019?”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir terhadap kemampuan kognitif siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 2 Sukadana Lampung Timur Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan desainnya Pre- Experimental Design dengan desain penelitian menggunakan One-Shot Case Study. Teknik analisis data menggunakan rumus regresi linear sederhana. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana diperoleh hasil bahwa setiap penambahan 1% nilai SPPKB tersebut maka nilai kognitif bertambah 0,408x. Koefisien tersebut bernilai positif sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap Y adalah positif. Kata Kunci: Kognitif, Pengaruh, SPPKB

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial, sosiologi & antropologi > 370 Pendidikan
900 Sejarah
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: 2018086503 . Digilib
Date Deposited: 14 Oct 2019 04:18
Last Modified: 14 Oct 2019 04:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59252

Actions (login required)

View Item View Item