EFEKTIVITAS MODEL PLGI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI GARAM MENGHIDROLISIS

FIRNA HERNITA , 1513023058 (2019) EFEKTIVITAS MODEL PLGI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI GARAM MENGHIDROLISIS. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img] File PDF
2. skripsi full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1737Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. skripsi tanpa bab pembahasan.pdf

Download (1547Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model PLGI untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi garam menghidrolisis. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan Pretest Postest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, diperoleh kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model PLGI dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji statistik non parametik, yaitu uji Mann- Withney U. Efektivitas model PLGI untuk meningkatkan KPS ditunjukkan oleh perbedaan rata-rata n-gain yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Rata-rata n-gain yang diperoleh di kelas eksperimen sebesar 0,65 sedangkan kelas kontrol sebesar 0,56 sehingga keduanya dikategorikan sedang. Hasil penelitian menunjuk kan bahwa rata-rata n-gain KPS kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan dilihat dari nilai Asymp. Sig (2-tailed) < 0,05 yaitu sebesar 0,01. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model PLGI efektif dalam meningkatkan KPS siswa pada materi garam menghidrolisis. Kata kunci: Garam menghidrolisis, keterampilan proses sains, model PLGI.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 13 Apr 2022 06:51
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 06:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59307

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir