PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF TIPE WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 5 METRO PUSAT

IGGA PRISILA, 1513053030 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF TIPE WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 5 METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (198Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1394Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1219Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas V SD Negeri 5 Metro Pusat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inovatif tipe word square terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V SD Negeri 5 Metro Pusat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi berjumlah 57 peserta didik dan seluruh populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Desain penelitian ini menggunakan non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes dan teknik tes. Analisis data menggunakan uji statistik t-test pooled varians. Hasil belajar dalam penelitian ini dibatasi hanya pada ranah kognitif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran inovatif tipe word square terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V SD Negeri 5 Metro Pusat dengan thitung > ttabel yaitu 2,830 > 2,000 (dengan α = 0,05), Diperoleh N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,55 dan masuk ke dalam kategori “Sedang”. Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran inovatif , word square. The problem of this research was the low score of thematic learning result 5th grade elementary school 5 Central Metro. This research aim to analysis the effect of model inovatif learning type word square opposed to thematic learning result 5 th grade elementary school 5 Central Metro. Kind of this research was experiment. The population of this research was 57 and all of population has been choosen as a research sample. Design of this research was non equivalent controul group design. Technique of data collecting was kognitif test. The data analyzed by using t-test pooled varians. Learning result of this research restricted to the kognitif result. The result of this research showing that there is significant effect between model inovatif learning type word square toward thematic learning result 5th grade elementary school 5 Central Metro with tcount > ttable as big as 2.830 > 2.000 (with α = 0,05). Which is N-Gain experiment class acquired 0.55 and include to average category. Key words: learning result, model inovatif learning, word square.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 13 Apr 2022 06:56
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 06:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59313

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir