PENGARUH ASAM SITRAT DAN ASAM GIBERELAT (GA3) TERHADAP KUALITAS VASE – LIFE BUNGA POTONG KRISAN PUTIH (Dendranthema grandiflora L,)

Vina Sri Setyorini, 1517021107 (2019) PENGARUH ASAM SITRAT DAN ASAM GIBERELAT (GA3) TERHADAP KUALITAS VASE – LIFE BUNGA POTONG KRISAN PUTIH (Dendranthema grandiflora L,). FAKULTAS MIPA, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak

Bunga krisan merupakan jenis tanaman hias yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi, namun pada bunga potong krisan memiliki rentan kerusakan, yaitu: perubahan bentuk, warna bunga dan layu pada daun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asam sitrat dan GA 3 terhadap vase life pada bunga potong krisan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2019 di Laboratorium Botani, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor utama adalah asam sitrat dengan dua konsentrasi yaitu 0% dan 20% dan GA 3 dengan 3 konsentrasi yaitu : 0%, 1% dan 2%. Variabel pada penelitian ini yaitu berat segar, berat kering, kadar air relatif, klorofil a, klorofil b, dan klorofil total. Parameter yang digunakan pada penelitian yaitu nilai tengah (µ) semua variabel. Analisis homogenitas ragam Uji Levene dan Uji BNJ dilakukan pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan asam sitrat menurunkan berat segar bunga krisan sebesar 20,6%. Pada variabel berat kering, asam sitrat ataupun GA 3 dan interaksinya tidak berpengaruh nyata terhadap kualitas vase – life bunga potong krisan. Pada variabel kadar air relatif, asam sitrat menurunkan kadar air relatif sebesar 7,17%. Pada kombinasi antara konsentrasi 0% GA3 dengan asam sitrat 20% menurunkan kandungan klorofil a sebesar 81,25% menurunkan kandungan klorofil b sebesar 72,76%, dan serta menurunkan kandungan klorofil total sebesar 74,92%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi dari asam sitrat 20% dan GA 3 0% menurunkan kandungan dari variabel berat segar, kadar air relatif, klorofil a, klorofil b dan klorofil total sedangkan adanya kombinasi antara asam sitrat 0% dan GA 3 2% yang paling efektif dapat meningkatkan kualitas vase life bunga potong krisan. Kata kunci : Asam Giberelat (GA3), Asam Sitrat, Dendranthema grandiflora, vase – life.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 580 Tumbuh-tumbuhan, tanaman, botani, flora
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 13 Apr 2022 07:07
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 07:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59330

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir