PENGARUH LKS BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI SISWA

MELI SAFITRI , 15130230025 (2019) PENGARUH LKS BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI SISWA. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2845Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3364Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh LKS berbasis problem solving untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling diperoleh kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan pembelajaran menggunakan LKS berbasis problem solving dan X MIPA 6 sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran menggunakan LKS konvensional. Data hasil penelitian diolah menggunakan Microsoft Excel dan dianalisis menggunakan SPSS versi 17 for Windows. Pengaruh LKS berbasis problem solving dalam meningkatkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa Meli Safitri dilihat dari perbedaan rata-rata n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Ukuran pengaruhnya dihitung menggunakan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hasil perhitungan effect size menunjukkan bahwa LKS berbasis probem solving memberikan pengaruh yang besar dan positif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa. Kata kunci: keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi, problem solving, larutan elektrolit dan non elektrolit

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 13 Apr 2022 07:15
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 07:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59345

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir