PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 LAWANG KIDUL

SHELLA OKTRIVIANI, 1413024066 (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 LAWANG KIDUL. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3603Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3177Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif peserta didik. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII 4 dan VIII 7 SMP Negeri 1 Lawang Kidul. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan desain non equivalent pretes-postes control group design. Hasil aktivitas peserta didik dianalisis secara deskriptif, sedangkan nilai pretes-postes dan n-Gain dianalisis dengan uji Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari pembelajaran menggunakan model discovery learning terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif peserta didik. Aktivitas peserta didik pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dari pertemuan pertama ke pertemuan kedua. Hasil belajar kognitif peserta didik menggunakan model discovery learning berpengaruh signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model iii discovery learning berpengaruh terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi pokok “Sistem Peredaran Darah Manusia”. Kata kunci: aktivitas belajar, discovery learning, hasil belajar, sistem peredaran darah manusia

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 13 Apr 2022 07:18
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 07:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59351

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir