JULIAN SARI, 1313053079 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TERPADU DI KELAS III SD NEGERI 1 RAWA LAUT BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (283Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah belum optimalnya aktivitas dan pengembangan potensi peserta didik pada pembelajaran terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran VAK (Visual,Auditory, Kinesthetic) terhadap aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran terpadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan quota sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini non-tes dan tes. Data analisis menggunakan data perbedaan hasil aktivitas belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol dan regresi linear sederhana. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa ada perbedaan hasil aktivitas belajar peserta didik antara kelas eksperimen (yang menggunakan model pembelajaran VAK) dan kelas kontrol dan pengaruh penggunaan model pembelajaran VAK (Visual,Auditory,Kinesthetic) terhadap aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran terpadu kelas III SDN 1 Rawa Laut Bandar Lampung. Hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata aktivitas belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran VAK (Visual Auditory Kinesthetic) pada kelas eksperimen (III E) lebih tinggi dari nilai rata-rata aktivitas belajar peserta didik yang tidak menggunakan model pembelajaran VAK (Visual Auditory Kinesthetic) pada kelas kontrol (III D) dan ditunjukkan oleh hasil penghitungan uji regresi linear yang menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran VAK terhadap aktivitas belajar pesera didik. Kata kunci : aktivitas belajar, pembelajaran terpadu, Visual,Auditory,Kinesthetic. The problem in this research is the activity and development of the students that are not optimized yet in the integrated learning. This research aims to get to know the influence of implementing VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) learning model towards students’ learning activity in integrated learning. The method used in this research is quasi experiment with nonequivalent control group design as the research design. This study used quota sampling. The instrument used are test and non-test. Data analysis of this study used the differences of learning activity result in experimental and control class also simple linear regression. The result showed that there is the differences between the experimental class (using VAK learning model) and control class towards the integrated learning result in the third grade of SDN 1 Rawa Laut Bandar Lampung. This is shown by the average scores of students’ learning activity who are given the VAK learning model in experimental class (III E) is higher than the average scores in control class (III D) or those who are not given the VAK learning activity. It is indicated that there is an influence of VAK learning model towards students’ learning activity through linear regression test. Keywords: integrated learning, learning activity, Visual, Auditory, Kinesthetic.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 01:08 |
Terakhir diubah: | 13 Apr 2022 01:08 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59367 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |