EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN POGIL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI GARAM MENGHIDROLISIS

TITA NUR FADHILA, 1513023033 (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN POGIL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI GARAM MENGHIDROLISIS. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (178Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran POGIL untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi garam menghidrolisis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Natar semester genap Tahun Pelajaran 2018/2019, dan sampel penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Metode dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-gain keterampilan proses sains (KPS) siswa di kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran POGIL sebesar 0,7 berkriteria tinggi sedangkan rata-rata n-gain KPS siswa di kelas kontrol yang iii diterapkan model pembelajaran konvensional sebesar 0,49 berkriteria sedang. Hal tersebut menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata n-gain KPS yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran POGIL efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi garam menghidrolisis. Kata kunci: model pembelajaran POGIL, keterampilan proses sains (KPS), garam menghidrolisis.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 13 Apr 2022 01:18
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 01:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59389

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir