KENDALA GURU DALAM PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI KOTA BANDAR LAMPUNG

Nur Amanatun Khoiriah, 1713034050 (2022) KENDALA GURU DALAM PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI KOTA BANDAR LAMPUNG. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Lengkap Non Lampiran.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2732Kb)
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Full Tanpa Pembahasan.pdf

Download (2582Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru geografi dalam melakukan penilaian autentik yaitu pemahaman guru geografi tentang penilaian autentik, instrumen penilaian autentik, alokasi waktu, dan sarana dan prasarana. Metode yang digunakan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan strategi studi naratif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran geografi di SMA Negeri 3 Bandar Lampung, SMA Negeri 10 Bandar Lampung, dan SMA Negeri 14 Bandar Lampung. Pengambilan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif tanpa menggunakan rumusan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemahaman penilaian autentik tidak menjadi kendala dalam pelaksanaan penilaian autentik. (2) Instrumen penilaian belum menjangkau pelaksaan penilaian autentik secara tuntas mengenai penilaian afektif. (3) Alokasi waktu belum menjangkau pelaksaan penilaian autentik secara tuntas mengenai penilaian afektif dan penilaian kognitif. (4) Sarana dan prasarana yang di sediakan oleh sekolah sudah mencukupi sehingga guru dapat dengan mudah memanfaatkan sarana dan prasarana dalam menunjang kegiatan pembelajaran. Sarana menjadi kendala dalam pelaksanaan penilaian autentik. Kata Kunci : kendala, penilaian autentik, pembelajaran geografi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 900 Sejarah dan Geografi > 907 Pendidikan, riset penelitian sejarah dan topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 2203860306 . Digilib
Date Deposited: 12 Apr 2022 05:54
Terakhir diubah: 12 Apr 2022 05:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59408

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir