PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SATUAN PENDIDIKAN RAMAH ANAK (STUDI KASUS SMP NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG)

Agung Ardiansyah, 2023012002 (2022) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SATUAN PENDIDIKAN RAMAH ANAK (STUDI KASUS SMP NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img] FIle PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (9Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (9Mb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam mewujudkan satuan pendidikan ramah anak di SMP Negeri 1 Bandar Lampung. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif, jenis dan rancangan penelitian studi kasus. Data-data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi, studi dokumen. Tahap analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan dan verivikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Peran kepala sekolah sebagai manager dalam mewujudkan satuan pendidikan ramah anak dilakukan dengan baik dengan cara dibentuknya tim SRA berdasarkan musyawarah kerjasama antar SDM dan kelembagaan, pembinaan secara berkala dan pengawasan secara berkesinambungan oleh kepala sekolah. 2) Peran kepala sekolah sebagai leader dalam mewujudkan satuan pendidikan ramah anak terlihat bahwa kepala sekolah memiliki kepribadian yang baik, faham akan tujuan pendidikan dan SRA serta mengaplikasikan visi misi sekolah dengan pengetahuan dan keteladanan yang baik. 3) Peran kepala sekolah sebagai innovator menunjkan bahwa inovasi yang diberikan kepala sekolah dalam mewujudkan SRA sudah dengan baik direalisasikan dengan memperhatikan sekala prioritas dan kebutuhan khususnya menghadapi tantangan Covid-19 di sekolah. Inovasi yang diberikan kepala mampu memberikan rasa aman dan nyaman dalam penerapan satuan pendidikan ramah anak di SMP Negeri 1 Bandar Lampung. Kata Kunci: Peran kepala sekolah, satuan pendidikan ramah anak. ABSTRACT This study aims to describe the role of the principal in realizing child-friendly schools at SMP Negeri 1 Bandar Lampung. The research method uses qualitative research, the type and design of the case study research. The data were collected by using interviews, observations, document studies. Data analysis phase with data collection, data reduction, conclusion drawing and data verification. The results of the study show that: 1) The role of the principal as a manager in realizing child-friendly schools is carried out well by forming an SRA team based on collaboration between human resources and institutions, regular coaching and continuous supervision by the principal. 2) The role of the principal as a leader in realizing child-friendly schools shows that the principal has a good personality, understands the goals of education and SRA and applies the school's vision and mission with good knowledge and role models. 3) The role of the principal as an innovator shows that the innovations provided by the principal in realizing the SRA have been well realized by taking into account the priorities and needs, especially in facing the challenges of Covid-19 in schools. The innovation provided by the principal is able to provide a sense of security and comfort in implementing child-friendly schools at SMP Negeri 1 Bandar Lampung. Keywords: The role of the principal, child-friendly school.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 379 Masalah kebijakan publik dalam pendidikan; peraturan-peraturan pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Pengguna Deposit: 2203154259 . Digilib
Date Deposited: 12 Apr 2022 06:31
Terakhir diubah: 12 Apr 2022 06:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59424

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir