PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN FAKTOR KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

ANA REZA YESIA, 1513053176 (2019) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN FAKTOR KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2148Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1685Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar masih rendah yang diduga oleh motivasi belajar dan faktor keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dan faktor keluarga terhadap hasil belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini yaitu korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner (angket) dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada Gugus 1 Dahlia Rajabasa sebanyak 183 peserta didik dengan menggunakan teknik proposional random samplingdan yang dijadikan sebagai sampel yaitu sebanyak 136 responden peserta didik. Uji asumsi menggunakan uji normalitas, uji linieritas. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji hipotesis regresi linier bergandahasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar dan faktor keluarga terhadap hasil belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar dengan menggunakan regresi linier berganda koefisien korelasi sebesar 3,495491541 sehingga koefisien korelasi menunjukkan kategori sangat tinggi dengan nilai positif . Kata Kunci:faktor keluarga, hasil belajar, motivasi belajar. ABSTRACT THE EFFECT OF LEARNINGMOTIVATION AND FAMILY FACTORS ON STUDENT GRADE V IN ELEMENTARY SCHOOL By ANA REZA YESIA The problem in this research is the learning result of the fifth grade students in elementary school are still low because of the learning motivation and family factors. The objective of this research is to find out the effect of learning motivation and family factors on the learning result of the fifth grade students of elementary school.The type of the research is correlational. The data collecting techniques used are questionnaire (questionnaire) and documentation. This research was conducted by using 183 students and 136 students as the respondent. Test assumptions was done by using normality test, linearity test, and hypothesis test. The data analysis technique in this study is to show how much learning motivation and family factors influence the learning result of the fifth grade students in elementary school using multiple linear regression. The correlation coefficient is 3.495491541, so it shows a very high category with positive values. Keywords:family factors, learning result,learning motivation.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 13 Apr 2022 01:51
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 01:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59464

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir