PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 5 JATIMULYO

AAN KURNINGSIH, 1513053023 (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 5 JATIMULYO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf

Download (4042Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2780Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah hasil belajar IPA peserta didik kelas V SD Negeri 5 Jatimulyo masih rendah. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group desain. Populasi adalah seluruh peserta didik kelas V A, B dan C yang berjumlah 91 peserta didik. Sampel pada penelitian dipilih secara random yaitu peserta didik kelas VA dan VB. Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi, analisis data menggunakan Uji-t dan Regresi Linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan dan pengaruh hasil belajar IPA antara kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pembelajaran konvensional. Kata kunci: hasil belajar IPA, inkuiri terbimbing, tematik. ABSTRACT THE INFLUENCE OF GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL TO THE IPA RESULT STUDY IN THEMATIC LEARNING AT FIVE GUIDED OF SD N 5 JATIMULYO by AAN KURNINGSIH The problem in this research is the low science study result of the students at fifth grade of SDN 5 Jatimulyo. This study aims to determine the effect of guided inquiry model on IPA study result. This research is quantitative, quasi experimental with nonequivalent control group design. Population is students of class VA, VB, VC, with 91 students. The samples with randomly sampling are students from class VA and VB. This research is using test and observation. Data analysis was done t-test and linear regression. The results showed there is difference and influence in learning of IPA in the class using a guided inquiry model with conventional learning. Keywords: result of study IPA, guided inquiry, thematic.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 13 Apr 2022 01:54
Terakhir diubah: 10 Jun 2022 13:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59469

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir