PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE ISA TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V

ANDRI ALVI DISTIN, 1513053061 (2019) PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE ISA TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3382Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2641Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 3 Langkapura. Tujuan penelitian pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 3 Langkapura. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 3 Langkapura. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe everyone is a teacher here terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V SD Negeri 3 Langkapura tahun pelajaran 2018/2019. Kata kunci : everyone is a teacher here, hasil belajar, strategi pembelajaran The problem in this study is the low learning outcomes of students in class V of SD Negeri 3 Langkapura. The purpose of this study was to determine the effect of applying active learning strategies type everyone is a teacher here on the learning outcomes of students in class V of SD Negeri 3 Langkapura. This type of research is a quasi experimental design with non equivalent control group design. The population in this study were all fifth grade students of SD Negeri 3 Langkapura. The sample in this study were students of the VA class as the control class and the VB class as the experimental class. The sampling technique used in this study is a non probability sampling technique. Data were collected using test techniques, observation techniques and documentation techniques. Data analysis uses a simple linear regression formula. The results of the study can be concluded that there is an effect of the application of the type of cooperative learning model everyone is a teacher here on the thematic learning outcomes of fifth grade students of SD Negeri 3 Langkapura in the academic year 2018/2019. Keywords: everyone is a teacher here, learning outcomes, learning strategies.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial, sosiologi & antropologi > 370 Pendidikan
900 Sejarah
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 2018082911 . Digilib
Date Deposited: 22 Oct 2019 04:14
Last Modified: 22 Oct 2019 04:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59503

Actions (login required)

View Item View Item