HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DENGAN HASIL BELAJAR PKN PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 10 TEGINENENG

M. SEPTO WAHIDIN, 1313053090 (2019) HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DENGAN HASIL BELAJAR PKN PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 10 TEGINENENG. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1144Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1145Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn, kurangnya pendidikan karakter dan kecerdasan emosional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara pendidikan karakter dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar PKn peserta didik kelas IV SD Negeri 10 Tegineneng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 54 peserta didik dan jumlah sampel diambil berdasarkan teknik proporsional stratified random sampling yaitu diperoleh 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert. Teknik analisis data dalam pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment demikian, terdapat hubungan yang signifikan antara pendidikan karakter dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar Pkn kelas IV SD Negeri 10 Tigeneneng. Hasil perhitungan diperoleh, nilai koefisien korelasi r = 0,464 dengan thitung > ttabel yaitu 4,626 > 2,021 (dengan α = 0,05) artinya korelasi signifikan. Besar kontribusi tentang pendidikan karakter dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar PKn adalah sebesar 21,5%. Kata kunci: hasil belajar pkn, kecerdasan emosional, pendidikan karakter, peserta didik The problem in this study was the low yield of Civics learning outcomes, which reduces character education and emotional intelligence. The purpose of this study was to study the significant relationship between character education and emotional intelligence with PKn learning outcomes for grade IV students at SD Negeri 10 Tegineneng. The type of research used is correlational research. The population in this study was taken 54 students and the number of samples taken based on the proportional stratified random sampling technique that is obtained by 35 students. Data collection techniques using a questionnaire and collection instruments in the form of a questionnaire with a Likert scale. Data analysis techniques in hypothesis testing use the current evaluation formula, thus, which is related to character education and emotional intelligence with learning outcomes of Pkn grade IV SD Negeri 10 Tigeneneng. The calculation results obtained, the estimated coefficient value r = 0.464 with tcount> ttable is 4.626> 2.021 (with α = 0.05) means significant. The contribution of character education and emotional intelligence to the learning outcomes of Civics is 21.5% Keywords : character education, emotional intelligence, pkn learning outcomes, students

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 13 Apr 2022 00:59
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 00:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59544

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir