PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

SURYANI , 1513053016 (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (177Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3819Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam tematik di SD Al Azhar 2 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam pembelajaran tematik. Metode penelitian ini adalah quasi eksperiment, dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas V SD Al Azhar 2 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment dan uji t dapat disimpukan bahwa terdapat perbedaan dan pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam pembelajaran tematik peserta didik kelas V SD Al Azhar 2 Bandar Lampung . Kata Kunci: penerapan model pembelajaran problem based learning,pembelajaran tematik, hasil belajar IPA The problem in this study was the low learning outcomes of natural science students in thematic learning at SD Al Azhar 2 Bandar Lampung city. This study aims to determine the effect of problem based learning models to the learning outcomes of students’ natural science thematic learning. The method used in this study was quasi experiment, with non equivalent control group design. The population in this research were all fifth gade students at Al Azhar 2 elementary school in Bandar Lampung. The techniques of data collection were observation ,test and documentation. Based on the results of hypothesis testing using the product moment correlation formula and ttest, it showed that there are differences and the influence of the use of problem based learning models on the results of learning science in the learning of fifth grade students at Al Azhar 2 elementary school Bandar Lampung Keywords: the applicabillity of learning problem based learning models, thematic learning, the result of learning IPA

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 13 Apr 2022 02:16
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 02:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59569

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir