PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 01 UJUNG GUNUNG ILIR

DIAH IRMALINDA, 1513053133 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 01 UJUNG GUNUNG ILIR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (167Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3428Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2435Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik SD Negeri 01 Ujung Gunung Ilir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan rata – rata hasil belajar peserta didik yang diperoleh melalui penerapan media realia. Metode penelitian ini adalah eksperimen bentuk Nonequivalent Control Group Design dengan jenis pretest-posstest design. Populasi penelitian ini adalahsebanyak 90 Peserta didik, dengan sampel adalah kelas VA sebanyak 30 peserta didik, dan VB sebanyak 30 peserta didik. Data penelitian dikumpulkan melalui tes. Sedangkan analisis data digunakan N-gain, Uji regresi linier sederhana dan Uji-t. Hal ini dibuktikan dengan ada pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan media realia terhadap hasil belajar peserta didik kelas V. Hasil analisis uji-t dua pihak menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik dan uji-t satu pihak menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik yang diperoleh melalui media realia lebih baik dari rata-rata hasil belajar peserta didik tanpa media realia. Kata kunci : hasil belajar, kelas v, media realia The problem of this research is the result of students’ learning outcomes at Elementary School 01 Ujung Gunung Ilir is still low. The objectives of this research is to find out the influence and difference in the average of using the realia media on the learning proccess. The approach of the research is experimental design which is non-equivalent control group design with a type of the pretest and posttest. The population of this study was for 90 students with the samples class VA of 30 students and class VB of 30 students. Research data collected through the test. While data analysis is used N-Gain, Simple linear regression test, and T-test. This is evidenced by the positive and significant influence on the use of realia media on the learning outcomes of class V students.The results of the two-party t-test analysis showed that there weredifferences in the average student learning outcomes and one-party t-test showed that the average student learning outcomes obtained through media realia is better than the average learning outcomes of students without media realia. Keywords : class v, learning outcomes, realia media

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 13 Apr 2022 02:17
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 02:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59570

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir