PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD AL-AZHAR 2 WAY HALIM BANDARLAMPUNG

Tri Yulia Ningrum, 1443053061 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD AL-AZHAR 2 WAY HALIM BANDARLAMPUNG. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (298Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi ekperimen dengan desain nonequivalent control group design. Subyek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dengan tes. Data analisis menggunakan Uji Mann-Whithey U dan Uji t. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh dan perbedaan penggunaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD AL-Azhar 2 Way Halim Bandarlampung. Hal ini dengan nilai rata-rata matematika pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Ini berarti model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat membantu meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SD Kata Kunci: : hasil belajar, inkuiri terbimbing, pembelajaran matematika, pengaruh The problem preceded in this research dealt with the low quantity of students learning outcomes in learning mathematics. This research aims to know the effect of Guided Inquiry learning model toward the students learning outcomes in learning mathematics. The researcher used quasi experimental method entailing the research design of nonequivalent group control design. The research used purposive sampling technique. The instruments data enlived in this research is carried out with a test. The analyzing of data used are Mann Whithey Test and independent sample of t-test, in which the result of the data analysis could be concluded that there are effects difference in using Guided Inquiry learning method toward the students learning outcomes with Mathematics Learning in the fourth class of Al-Azhar 2 Way Halim Elementary School, Bandar Lampung. This is shown by the students average scores are followed the learning of Guided Inquiry methodat the experiment class, were more than average of learning outcomes of students who did not use Matematics learning method in control class. Kata kunci : learning outcomes, guided inquiry, mathematics learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 13 Apr 2022 02:20
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 02:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59580

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir