PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA 7 SUBTEMA 2 KELAS IV SD NEGERI 10 METRO TIMUR

NI KADEK DWIYANTARI, 1513053112 (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA 7 SUBTEMA 2 KELAS IV SD NEGERI 10 METRO TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3515Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2321Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 10 Metro Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar peserta didik tema 7 subtema 2 pembelajaran 4 kelas IV SD Negeri 10 Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu dengan bentuk desain Non-Equivalent Control Group Design. Data penelitian ini diperoleh dari pretest dan posttest. Hasil nilai N-Gain kelas eksperimen 0,70 sedangkan nilai N- Gain kelas kontrol 0,01. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test diperoleh thitung =3,836 > ttabel = 2,021, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar peserta didik tema 7 subtema 2 kelas IV SD Negeri 10 Metro Timur. Kata Kunci: hasil belajar, model kooperatif, snowball throwing The problem of this reseach was low learning result student of fourth grade at SD Negeri 10 East Metro. The purpose of this research was to investigate the positive and significan influence of cooperative learning snowball throwing type to the learning result student of theme 7 subtheme 2 of fourth grade at SD Negeri 10 Metro Timur. The kind of the reseach was experimental reseach, the reseach design used quasi exsperimental design with design forms non-equivalent control group design. The data of this study were obtained from the pretest and posttest. The experimental class N-Gain value is 0,70 while the control class N-Gain value is 0,01. The results of hypothesis testing using the t-test formula obtained tcount =3,836 > ttable = 2,021, this means that there is a positive and significant influence on the type of snowball throwing cooperative learning on the learning outcomes of students on the theme 7 subtheme 2 class IV SD Negeri 10 East Metro. Keywords: cooperative learning, learning result, snowball throwing

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 13 Apr 2022 02:21
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 02:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59581

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir