PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 4 METRO BARAT

UMI KHASANAH, 1513053044 (2019) PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 4 METRO BARAT. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (867Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1039Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

The problem in this study is the low thematic learning outcomes of students in grade IV SD Negeri 4 Metro Barat. The purpose of this study was to determine the effect of the reciprocal teaching model on the learning outcomes of theme 7 subthemes 1. The design of this study was a nonequivalent control group design with the research method of experimental research. The population was 42 students and the sample was saturated. The data collection technique was carried out using nontest techniques (observation and documentation) and test techniques. Hypothesis testing results obtained tcount of 2.230 and ttable of 2.021. The comparison shows tcount> ttable ie 2,230> 2,021 means Ha is accepted. There is a significant influence on the application of the reciprocal teaching model to the learning outcomes of theme 7 subtheme 1 students of grade IV SD Negeri 4 Metro Barat. Keywords: reciprocal teaching, thematic learning outcomes. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD Negeri 4 Metro Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model reciprocal teaching terhadap hasil belajar tema 7 subtema 1. Desain penelitian ini adalah nonequivalent control group desain dengan metode penelitian yaitu penelitian eksperimen. Populasi berjumlah 42 peserta didik dan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes (observasi dan dokumentasi) dan teknik tes. Hasil pengujian hipotesis diperoleh data thitung sebesar 2,230 dan ttabelsebesar 2,021. Perbandingan tersebut menunjukkan thitung > ttabel yaitu 2,230 > 2,021 berati Ha diterima. Terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model reciprocal teaching terhadap hasil belajar tema 7 subtema 1 peserta didik kelas IV SD Negeri 4 Metro Barat. Kata kunci: hasil belajar tematik, reciprocal teaching

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 13 Apr 2022 02:21
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 02:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59582

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir