PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENCAPAI HIGHER ORDER THINKING SKILL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 8 NEGERI KATON

WIDYA EKA PUTRI , 1513053081 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENCAPAI HIGHER ORDER THINKING SKILL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 8 NEGERI KATON. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2973Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2425Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan Higher Order Thinking Skills peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning untuk mencapai Higher Order Thinking Skill pada peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain penelitian non equivalent control group design. Instrument dalam penelitian ini adalah tes dan non-tes. Populasi dipenelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 8 Negeri Katon Kabupaten Pesawaran. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol di SD Negeri 8 Negeri Katon tahun ajaran 2018/2019, yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning untuk mencapai Higher Order Thinking Skill pada peserta didik kelas IV SD Negeri 8 Negeri Katon tahun ajaran 2018/2019 Kata kunci: higher order thinking skill, pembelajaran, discovery learning. The Problem of this research was about the lack of abilities the student’s higher order thinking skill. The aim of this research was to know the influence of the discovery learning model in regard of increasing the student’s higher order thinking skill. The approach of this study was quasi experimental with non equivalent control group design research design. Tests and non-test were used as the instrument of eliciting the data. The population of this research were four grader of SD Negeri 8 Negeri Katon. The sample of this research were the studens of IV A class as experiment class and the student of IV B class as the controlled class in SD Negeri 8 Negeri Katon 2018/2019 Learning Period, that had gotten by purposeive sampling technique. The data were analyzed by simple linear regression. The result showed that there was influence from discovery learning model in regard of increasing higher order thinking skill the four grader of SD Negeri 8 Negeri Katon 2018/2019 Learning Period’s Keywords: higher order thinking skills, learning, discovery learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 13 Apr 2022 02:27
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 02:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59596

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir