PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI

NING INTAN LESTARI, 1513053052 (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3705Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2602Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di SDN 5 Jatimulyo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes dan non-tes. Populasi penelitian ini adalah 62 peserta didik kelas IV SDN 5 dan SDN 3 Jatimulyo. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA SDN 5 Jatimulyo, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 25 peserta didik yang diperoleh melalu teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji t dan regresi linear sederhana. Hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SDN 5 Jatimulyo tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci: hasil belajar, pembelajaran tematik, problem based learning. The problem in this study is the low learning outcomes of students in thematic learning at SDN 5 Jatimulyo. This study aims to determine the effect of the application of the Problem Based Learning model to the thematic learning outcomes of grade IV students. The method used in this study is a quasi- experimental research design with a non equivalent control group design. The instruments in this study were tests and non-tests. The population of this study was 62 students of grade IV SDN 5 and SDN 3 Jatimulyo. The sample of this study was grade IVA students of SDN 5 Jatimulyo, the number of samples used was 25 students obtained through purposive sampling technique. Data were analyzed using t test and simple linear regression. The results obtained can be concluded that there is an influence of the application of the Problem Based Learning learning model to the thematic learning outcomes of grade IV students of SDN 5 Jatimulyo in the 2018/2019. Keywords: learning outcomes, thematic learning, problem based learning.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 13 Apr 2022 02:27
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 02:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59597

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir