WILDHA WARDANI, 1513053032 (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1924Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1750Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, implementasi, dan penilaian pendidikan karakter melalui pembelajaran tematik yang dibuat oleh pendidik pada peserta didik di Gugus Mawar Kecamatan Natar Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana rancangan perencanaan, pelaksanaan, hingga penilaian pendidikan karakter melalui pembelajaran tematik yang dibuat oleh pendidik pada peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 74 pendidik. Sampel penelitian ditentukan menggunakan purposive sampling dengan jumlah 30 pendidik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pendidikan karakter terimplementasi 50% oleh pendidik, lalu pelaksanaan pendidikan karakter dengan memasukkan nilai-nilai karakter yaitu religius, disiplin, kerja keras, jujur, bertanggungjawab semangat kebangsaan, dan peduli lingkungan dalam pelaksanaannya terimplementasi 100% oleh pendidik, dan penilaian yang dilakukan pendidik pada peserta didik yaitu terimplementasi 50% oleh pendidik. Kata kunci: implementasi nilai karakter, pendidikan karakter, pembelajaran tematik. The problem of the research were how the planning, the implementation, and the evaluation of character education through thematic learning made by the teacher for the students in Gugus Mawar, Natar, Lampung Selatan. This study aimed to find out the design of the planning, the implementation, and the evaluation of education through thematic learning made by teacher for the students. Th e design of this research is quantitative descriptive. The population of this research is 74 teachers. The sample used is purposive sampling with 30 teachers. The instruments were observation sheet and questionnaire. The results showed that character education planning was implemented 50% by educators, then the implementation of character education by incorporating character values such as religious, disciplined, hard work, honest, responsible for national spirit, and caring for the environment in its implementation is 100% implemented by educators, and the assessment is implemented 50% by the educators. Key words: implementation of characters values, character education, thematic learning
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 02:29 |
Terakhir diubah: | 13 Apr 2022 02:29 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59598 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |