Anisa Fitri, 1013033023 (2014) WAYANG BEBER UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 3 DI SMA N 1 SEPUTIH RAMAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (341Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (525Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (483Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (420Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (99Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (191Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (160Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (143Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (179Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (292Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (162Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (504Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (145Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK WAYANG BEBER UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 3 DI SMA N 1 SEPUTIH RAMAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Oleh Anisa Fitri Sejarah merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Materi dalam sejarah adalah cerita suatu peristiwa yang terjadi di masa lampau. Untuk menghindari kesan menjemukan dalam pembelajaran sejarah dibutuhkan sebuah media pembelajaran. Media belajar ini dapat membantu dapat meningkatkan ketrampilan alat indera tidak hanya terbatas pada pendengaran, melainkan memfungsikan juga peningkatan serta organ lainnya. Jika sudah seperti itu maka siswa menjadi tertarik dengan mata pelajaran sejarah yang nantinya berdampak pada hasil belajar. Untuk itu pada penelitian ini akan digunakan media wayang yang diharapkan dapat mengatasi kesenjangan media dalam proses pembelajaran. Jenis wayang yang digunakan adalah wayang beber. Karena salah satu fungsi wayang adalah sebagai sarana pendidikan yang harapannya dapat menumbuhkan rasa kepemilikan akan tradisi dan budaya sendiri, mengingat wayang ini juga nyaris punah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS 3 menggunakan wayang beber di SMA N 1 Seputih Raman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS 3 menggunakan wayang beber di SMA N 1 Seputih Raman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu desain The One-Shot Case Study dengan data hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dengan populasi sekaligus sampel yaitu 40 siswa kelas XI IPS 3 SMA N 1 Seputih Raman. Berdasarkan hasil penelitian mengenai penggunaan wayang beber dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS 3 di SMA N 1 Seputih Raman, diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan wayang beber dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 3 memiliki hasil belajar kognitif yang baik. Hal ini dapat dilihat dari data posttest yang terakhir, kategori yang memiliki persentase tertinggi dalam posttest ketiga adalah kategori nilai 70-79 (baik) dengan persentase 55,56% dan persentase pencapaian jenjang kognitif tertinggi adalah ranah analisis (C4) dengan persentase 84,72%.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | 4906513 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Dec 2014 02:21 |
Terakhir diubah: | 22 Dec 2014 02:21 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5960 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |