WINDA YUNI CAHYANINGSIH, 1543053011 (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 MARGA KENCANA KECAMATAN TULANG BAWANG UDIK. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2173Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHSAN.pdf Download (1825Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Metode penelitian ini adalah quasi eksperiment menggunakan rancangan dengan one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah 47 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 23 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan probability sampling dengan jenis teknik simple random sampling. Instrumen utama yang digunakan adalah tes yang digunakan sebanyak 20 item soal pilihan ganda. Data di analisis dengan mengunakan rumus uji t-test diperoleh t-tabel sebesar 2,074 karena t-hitung > t-tabel (5,707 > 2,074), maka Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V tema 2 sub tema 1 SD Negeri 1 Marga Kencana tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci : hasil belajar tematik, model pembelajaran kooperatif, snowball throwing. The aim of this research was to analyze the effect of snowball throwing technique in students’ learning process. The approach of this study was quasi exsperiment using one group pretest posttest design. The population of this research was fifth grade students of SD Negeri 1 Marga Kencana consisted of 47 students. This research used random sampling in choosing the sample consisted of 23 students. The tests were used as the instrument to elicit the data; it consists of 20 items in multiple choice. The data were analyzed by using simple t-test. The result showed that t-value was higher than t-table (5.707>2.074), so Ho was rejected. It means that there was a significant difference of snowball throwing technique on the students’ learning process in thematic with themes 2 sub themes 1 at the fifth grade of SD Negeri 1 Marga Kencana academic year 2018/2019. Key words : cooperative learning model, showball throwing, thematic learning resultuts.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 02:30 |
Terakhir diubah: | 13 Apr 2022 02:30 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59600 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |