MIA DWI UTAMI, 1213053072 (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (538Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2083Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1736Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar matematika peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental design dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini observasi dan tes. Data analisis menggunakan data pretest dan posttest serta menggunakan rumus regresi linear sederhana. Hasil analisis data diperoleh simpulan terdapat pengaruh pada penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri 1 Rawa Laut Kota Bandar Lampung. Penelitian ini juga menunjukkan kenaikan hasil belajar matematika sebelum dan setelah menggunakan pembelajaran discovery learning pada peserta didik, hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai posttest peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih tinggi dibandingkan rata-rata nilai pretest peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran discovery learning. Kata kunci : discovery learning, hasil belajar, matematika ABSTRACT THE EFFECT OF DISCOVERY LEARNING TOWARDS STUDENTS MATHEMATIC LEARNING OUTCOMES AT THE FIFTH GRADE STUDENTS By MIA DWI UTAMI The problem of this research was students’ poor performance in mathematics. This research aimed to find out the use of Discovery Learning model towards students outcomes in learning mathematics. This research used pre-experimental method in the design of one – group pretest post-test design. The technique used was purposive sampling technique. The researcher used observation and test as instrument. The data got from both pretest and posttest were analyzed using simple linear regression formula. From the research results, it was shown that there was an effect of students’ outcomes in learning mathematic using Discovery Learning model at the fifth grade of SDN 1 Rawa Laut Bandar Lampung. Furthermore, the results showed that there was improvement between students’ average score on pretest and posttest after the discovery learning was conducted. Keywords : discovery learning, learning outcomes, mathematics
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT Anita Ekarini |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 04:52 |
Terakhir diubah: | 13 Apr 2022 04:52 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59642 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |