IMPLIKASI PERSEPSI PENGEMBANGAN PARIWISATA TERHADAP EKONOMI DAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT SERTA LINGKUNGAN (Studi Kasus: Wisata Desa Padang Savana Braja Harjosari Kecamatan Braja Selebah Kabupaten Lampung Timur)

IDA AYU PUTU ERVILEDIANA, 1611021076 (2022) IMPLIKASI PERSEPSI PENGEMBANGAN PARIWISATA TERHADAP EKONOMI DAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT SERTA LINGKUNGAN (Studi Kasus: Wisata Desa Padang Savana Braja Harjosari Kecamatan Braja Selebah Kabupaten Lampung Timur). FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2492Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1368Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah dengan adanya pengembangan objek wisata Padang Savana memberikan implikasi terhadap kesejahteraan dan sosial budaya masyarakat serta apakah terdapat perubahan lingkungan di sekitar area objek wisata tersebut. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskirptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara terstruktur dengan menggunakan kuesioner, dan dokumentasi. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 68 responden yang berasal dari pelaku usaha, pengelola usaha, dan kepala keluarga dusun VIII. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan objek wisata Padang Savana memberikan implikasi terhadap kesejahteraan masyarakat disekitar objek wisata. Dampak yang sangat dirasakan oleh masyarakat adalah terbukanya peluang usaha seperti homestay, usaha makanan dan minuman, usaha souvenir dan usaha biro perjalanan serta guide. Sosial dan budaya masyarakat tidak mengalami pergeseran namun justru meningkatkan rasa bangga terhadap kebudayaan lokal serta meningkatkan pengetahuan dan pengalaman masyarakat. Pengembangan objek wisata Padang Savana memiliki implikasi positif terhadap lingkungan seperti meningkatnya ruang terbuka hijau dan terjaganya satwa liar di area sekitar objek wisata. Kata kunci: Objek wisata, kesejahteraan, sosial budaya, lingkungan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Ekonomi Pembangunan
Pengguna Deposit: 2203443996 . Digilib
Date Deposited: 13 Apr 2022 06:29
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 06:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59670

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir