IMPLEMENTASI STANDAR PENILAIAN DALAM KURIKULUM 2013 OLEH PENDIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI TELUK BETUNG SELATAN

RINI PERMATA SARI, 1543053003 (2019) IMPLEMENTASI STANDAR PENILAIAN DALAM KURIKULUM 2013 OLEH PENDIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI TELUK BETUNG SELATAN. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2887Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2311Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah pendidik belum sepenuhnya mengimplementasikan standar penilaian dalam Kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini mengetahui implementasi standar penilaian dalam Kurikulum 2013 oleh pendidik di Gugus Lada Teluk Betung Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada 1 Gugus Lada Kecamatan Teluk Betung Selatan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1 Gugus Lada yang terdiri dari 4 Sekolah Dasar Negeri dengan jumlah 69 pendidik. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yang terdiri dari 32 pendidik. Metode pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini termasuk dalam instrumen non tes. Analisis data menggunakan deskriptif persentase. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa implementasi standar penilaian dalam Kurikulum 2013 oleh pendidik yang mencangkup standar umum penilaian masuk dalam kategori Cukup dengan persentase mencapai 48,06%, standar perencanaan masuk dalam kategori Kurang dengan persentase mencapai 31,02%, standar pelaksanaan penilaian masuk dalam kategori Kurang dengan persentase mencapai 36,58%, standar pengolahan dan pelaporan penilaian masuk dalam kategori Kurang dengan persentase mencapai 43,31%, dan standar pemanfaatan penilaian masuk dalam kategori Kurang dengan persentase sebesar 29,10%. Kata kunci: kurikulum 2013, pendidik, standar penilaian The problem is not yet fully implemented standards of educators assessment in curriculum 2013. The purpose of this research is to know the implementation assessment standard for curriculum 2013 by elementary School Teachers of Lada cluster Teluk Betung Selatan. The type of this research is quantitative descriptive that is carried out on 1 cluster Lada sub Teluk Betung Selatan. The population of this research was the cluster of Lada consists of 4 elementary schools with a total of 69 State educators. The type of sampling this research is purposive sampling technique consisting of 32 educators. Collecting method are questionnaires, documentation, and interviews with non-test as the instrument. The research is using descriptive percentage to analysis data. Based on data analysis, it can be concluded that the implementation of the standard assessment in Curriculum 2013 by educators who cover the general standard of assessment is included in the Enough category with a percentage reaching 48.06%, planning standards included in the Less category with a percentage reaching 31.02% Less category with a percentage reaching 36.58%, standard processing and pelopran assessment included in the category of Less with a percentage reaching 43.31%, and the standard utilization of valuation included in the Less category with a percentage of 29.10%. Keyword: curriculum 2013, educators, standards assesment.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 13 Apr 2022 07:05
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 07:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59700

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir